SEGMENTASI
PADA USAHA
Segmentasi merupakan unsur pertama strategi. Menurut Hermawan Kartajaya dkk (2003) dalam bukunya Rethinking
Marketing segmentasi berarti ‘melihatpasarsecarakreatif’. Segmentasi
merupakan seni mengidentifikasikan serta memanfaatkan peluang-peluang yang
muncul di pasar. Seperti contoh pada usaha batik. Pada usaha
batik kita melakukan segmentasi seperti memisahkan produknya ke dalam dua
kategori berdasarkan pendapatan konsumen, yaitu batik halus dan kasar. Batik
halus diperuntukkan bagi masyarakat ekonomi menengah ke atas dan batik kasar
umumnya diperuntukan untuk kalangan menengah ke bawah. Selain itu dalam proses
pemilihan bahan baku untuk batik seperti kainnya dilakukan proses segmentasi
untuk memilih kualitas kain berdasarkan katagorinya.
1 komentar:
terima kasih, yuk kunjungi juga website kami.....
Posting Komentar